lumbung desa, cigalontang, tasikmalaya, bank bibit, budidaya tanaman

Lumbung Desa Cigalontang Siapkan Bank Penampungan Bibit untuk Warga

Siapa yang tak sepakat, Indonesia kaya akan sumber daya alam dan lahan pertanian yang subur. Akan tetapi, coba kita tengok, petani Indonesia masih dengan keadaan yang sama dengan baju lusuh dan pendapatan rendah.

“Tani Tinggal Daki”, sebuah istilah tepat yang menampar kita. Istilah tersebut bermakna bertani saat ini hanya bisa menjadi keringat saja untuk mereka.

Hal inilah kemudian yang mendorong pendamping Lumbung Desa Cigalontang, Tasikmalaya, menelusuri permasalahan yang terjadi di tengah petani saat ini. Dari pengamatan kami, petani saat ini sudah terjebak dalam lingkaran setan oleh tengkulak sehingga menyebabkan pendapatan mereka menjadi rendah.

Sebagai upaya untuk membantu para petani, pendamping Lumbung Desa Cigalontang membuat program Bank Bibit sebagai wadah penyediaan bibit-bibit yang dibutuhkan warga untuk kegiatan bertani, terutama pemanfaatan lahan pekarangan guna membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bank bibit merupakan suatu kegiatan penyediaan bibit-bibit sayuran, tanaman hias, atau tanaman obat-obatan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan.. Adapun tujuan dari pembuatan bank bibit ini adalah melibatkan masyarakat dalam kegiatan budidaya sayuran sehingga program pemanfaatan lahan pekarangan dapat berjalan secara berkelanjutan.

Kami membuat bank penampungan hasil dari kegiatan tersebut. Bank Penampungan Bibit Lumbung Desa Cigalontang merupakan suatu kegiatan/wadah untuk menampung hasil tanaman-tanaman yang telah dibudidayakan oleh warga dengan sistem jual beli secara syariah guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Saya berharap, ini dapat memutus rantai petani dengan tengkulak  sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka dan mewujudkan impian petani untuk berpendapatan tinggi. Pun dapat menambah semangat warga dalam kegiatan budidaya tanaman sayuran dengan memanfaatkan lahan pekarangan, agar dapat meminimalisir pengeluaran,” kata Ustadz Gungun, Ketua Poktan LD Cigalontang.

Ditulis oleh Dede, pendamping Lumbung Desa Cigalontang Tasikmalaya.

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?