Lumbung Desa Cigalontang Gelar Pelatihan Pupuk Organik

SF-UPDATES,– Lumbung Desa menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik  untuk para mitra petani. Pelatihan ini dilaksanakan pada Senin (24/10/2017) di wilayah binaan Lumbung Desa Cigalontang, Tasikmalaya.

Pelatihan diawali dengan penjelasan singkat tentang teori pembuatan pupuk organik dan pestisida alami. Pelatihan ini dilanjutkan dengan praktik pembuatan pupuk secara berkelompok dengan didampingi oleh pendamping Lumbung Desa Cigalontang.

Selain sebagai upaya menekan ketergantungan tanaman terhadap pupuk kimia dan pestisida kimia, pemakaian organik dan bahan nabati merupakan tuntutan tren pasar, karena konsumen di dalam negeri masa mendatang akan menjauhi bahan pangan yang mengandung bahaya residu dari pestisida dan pupuk kimia.

“Sebenarnya di Lumbung Desa Cigalontang penggunaan pupuk kimia tidak terlalu signifikan, namun dengan pelatihan pembuatan pupuk organik ini Lumbung Desa Cigalontang menjadi langkah awal sebelum menjadi penghasil padi organik,” kata koordinator Lumbung Desa, Eggie Ginanjar. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.