Lumbung Desa Cigalontang Berdayakan Masyarakat Tingkatkan Pemanfaatan Pekarangan Rumah

SF-UPDATES,– Dalam rangka menjalankan komitmen untuk mendukung pemberdayaan masyarakat di Lumbung Desa Cigalontang, Sinergi Foundation mengadakan pelatihan budidaya sayuran di pekarangan rumah. Pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta ini mengembangkan aneka sayuran seperti mentimun, bawang, dan kubis.

 
Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal. Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.

Menurut Sulaiman, pendamping Lumbung Desa, tujuan dari kegiatan ini adalah memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan dengan memproduksi kebutuhan pangan oleh keluarga dan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi warga di Lumbung Desa Cigalontang.

“Rencananya kedepannya kita akan mengembangkan Tanaman buah-buahan, seperti Stawberry dan Anggur, karena kedepannya Lumbung Desa Cigalontang akan menjadi desa wisata, sehingga dari sekarang di siapkan penunjang untuk desa wisata,” kata Sulaiman. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?