ramadhan, perusak amal, amal shaleh

Lima Hal Perusak Amal di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan menjadi momentum mendulang pahala seluas-luasnya. Namun tidak jarang amalan yang dilakukan seorang muslim justru menjadi rusak karena beberapa hal. Berikut beberapa perilaku yang dapat merusak amalan kita saat bulan Ramadhan seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Berbohong atau berdusta
Perkataan yang buruk dapat menjadi penghancur atau pembatal pahala dari amalan-amalan yang dilakukan seseorang di bulan suci.

2. Menggunjing atau membicarakan keburukan orang lain
Dalam satu hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud RA, Rasulullah SAW ber sabda, “Tidaklah disebut mukmin orang yang suka mencela, yang gemar melaknat, yang suka ber kata-kata keji, dan yang berkatakata kotor,” (HR at-Tirmidziy: 1977).

3. Mengadu domba
Mengadu domba adalah perbuatan yang diharamkan, karena banyak dalil-dalil dari Al-Qur’an dan An-Sunnah yang secara tegas menyatakan bahwa perbuatan itu adalah haram. “Tidak akan masuk surga bagi Al Qattat (tukang adu domba).” (HR. Al Bukhari)

4. Sumpah palsu
Jika membuat kedustaan atas nama manusia, merupakan dosa besar dan ancamannya mengerikan, lalu bagaimana dengan dosa dan akibat buruk dari perbuatan dusta atas nama Allâh? Tentu lebih berat!

5. Melihat dengan syahwat
Mengapa kata “menundukkan pandangan” selalu diikuti dengan “menjaga kemaluan”? Karena, mata merupakan awal dari segala perasaan yang muncul dalam hati, penyebab munculnya keinginan yang baik maupun yang buruk. Sehingga menjaga pandangan merupakan dasar dari menjaga kemaluan untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan. (dbs)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?