Ketua PKK Kabupaten Bandung Apresiasi Kehadiran Program RBC

SF-UPDATES,– Dalam helatan Seminar Kesehatan “Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan Pelatihan Pijat Bayi”, Ketua PKK Kabupaten Bandung, Kurnia Agustina mengapresiasi program Rumah Bersalin Cuma-Cuma Sinergi Foundation (RBC-SF). Ia mengaku terkesan, karena ZIS dikelola dengan baik, sehingga kebermanfaatan untuk umat nyata.

“Saya mengapresiasi ada satu sinergi yang berempati pada kelangsungan hidup ibu dan bayi, yaitu RBC,” katanya dalam kegiatan yang digelar oleh RBC itu, di Gedung Dewi Sartika Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (4/5/2017).

Ia menuturkan, dalam membangun Kabupaten Bandung, pemerintah tak bisa sendiri. Perlu pula dukungan dan kerjasama dari masyarakat, LSM, dan segenap stakeholder peduli. Apalagi, Kabupaten Bandung memiliki 31 kecamatan yang seluruhnya berisi 270 desa, katanya, tentu tak lepas dari kompleksitas masalah, termasuk kesehatan.

Pun, menurutnya, tema seminar kesehatan yang diambil sesuai benar dengan isu yang tengah dikelola pemkab. Saat ini, pemerintah tengah menggodok program Kabupaten Layak Anak dan Kabupaten Sehat, yang kaitannya dengan pemenuhan kesehatan dasar dan masyarakat sehat mandiri.

“Dukungan itu semakin bertambah dengan kehadiran Sinergi Foundation melalui RBC, yang sudah banyak membantu masyarakat pra-sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, Manager RBC, Budimansyah mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan kader RBC dari 10 kecamatan, 42 desa, 10 puskesmas, dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bandung. Hemat Budi, acara seminar ini berhubungan erat dengan banyaknya member dhuafa yang mereka tangani.

“Perlu ada kader yang mengerti ilmu kesehatan, apalagi mayoritas member adalah dhuafa yang pendidikannya rendah. Mereka tak begitu paham bagaimana 1000 hari dalam mengurus anak,” katanya.

Tak hanya satu kali ini, RBC sendiri secara rutin mengadakan seminar. Hanya saja, biasanya kegiayan itu dikemas dengan lingkup lebih kecil dan berkonsep ANC Mobile ke pelosok-pelosok daerah. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.