Ketua Ngebon Jabon : Tak Usah Khawatir, Program Penghijauan Green Kurban Bukan Fiktif

SF-UPDATE,– Ketua Komunitas Ngebon Jabon Sigit Yunanto menegaskan bahwa gerakan penghijauan Green Kurban (GK) bukan program fiktif. Pasalnya, tiga tahun terakhir ini, komunitasnya dan segenap masyarakat Kampung Pasir jambu Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut terlibat langsung merawat ribuan bibit pohon jabon hasil program GK.

“Program Green Kurban ini bukan satu kegiatan yang fiktif. Dalam gerakan penghijauan ini, Sinergi Foundation tidak sebatas melakukan penanaman, tapi juga pemberdayaan masyarakat sekitar,” kata Sigit saat peninjauan perkembangan Pohon Jabon, beberapa hari yang lalu.

“Dan inilah faktanya, ribuan Pohon Jabon sedang dalam pemeliharaan agar hasilnya bisa dipetik lebih optimal,” lanjutnya.

Untuk program penghijauan sendiri, Sigit menjelaskan telah berlangsung selama tiga tahun. Dari jangka waktu itu, telah ditanam tiap satu hektarnya oleh 1000 bibit Pohon Jabon. Saat ini, kisaran luas lahan penanaman sudah di angka sembilan hektar yang tersebar di beberapa titik di Gunung Batu Malangbong.

Menambahkan, Deni selaku penanggung jawab lapangan mengatakan selama tiga tahun terakhir pertumbuhan pohon jabon tergolong normal. Dengan rata-rata tinggi sekitar tiga meter. Ia juga menjelaskan, tindakan lanjutan dalam waktu dekat ini, dilakukan pembersihan gulma untuk pohon jabon yang usianya masih satu tahun.

Dalam kegiatan tersebut, selain pengecekan perkembangan, juga dilakukan simbolisasi penanaman pohon jabon yang dilakukan oleh perwakilan tokoh masyarakat dan tim survei dari Sinergi Foundation. Lokasi yang keempat ini, berada di sekitaran daerah Sukamanah Batu Kacapi, hanya beberapa meter dari lokasi penanaman pohon yang pertama.

Sementara itu, salah satu tim survei dari Sinergi Foundation, Usep Mu'ad menuliskan dalam akun Facebooknya terkait pengalaman pasca monitoring ke daerah tersebut. "Inilah kami Team Lembaga Wakaf Sinergi Foundation, bersama mitra dan masyarakat Kampung Pasir Jambu. Saling bekerjasama berikhtiar menjaga bumi, dengan mendaki pegunungan yang terjal untuk mengecek pohon yang telah kami tanam tiga tahun terakhir. Sekaligus kembali melakukan penanaman pohon, sebagai realisasi dari Program Green Kurban – qurban plus penghijauan dan Green Akikah di tahun ini," tulisnya. []

 

Reporter : Maharevin

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.