Ketua FOZ Sebut 17 Juta Rakyat Miskin Berasal dari Desa

SF-UPDATES,– Ketua Forum Zakat, Nur Efendi menyatakan sebanyak 17 juta dari total 27,76 juta rakyat miskin di Indonesia berasal dari desa. Ia menegaskan, problematika ini yang belum dikelolakan secara maksimal. Padahal, katanya, justru ketimpangan ekonomi begitu terasa di desa.

“Peta kemiskinan di Indonesia harus kita petakan, terutama di desa. Kontribusi dimana dan apa yang harus kita kolaborasikan, itu perlu dipikirkan,” katanya dalam kegiatan World Zakat Forum 2017, pertengahan Maret lalu.

Ia pun bersyukur, sejumlah LAZNAS telah menggarap sejumlah desa. Yang perlu dilakukan, katanya, adalah bagaimana menguatkan peran bersama dalam mengelola dan membangun desa. Dengan begitu, kemiskinan di wilayah marginal sedikit demi sedikit bisa tertangani.

Ia yakin dengan peran LAZNAS dalam menanggulangi kemiskinan. Per 2016, BPS merilis data bahwa 0,25 juta kemiskinan telah berkurang, dan ini tak lepas dari kontribusi LAZ dan BAZNAS sebagai pengelola filantropi Islam di Indonesia.

Sinergi Foundation sendiri, telah lama mengembangkan Lumbung Desa (LD). Lumbung Desa merupakan program ketahanan pangan dalam bentuk gerakan pembentukan usaha produktif yang berbasis kepada potensi lokal pedesaan, seperti: sawah, kebun, ternak maupun home industri. Upaya ini diwujudkan melalui proses peningkatan produksi yang kedepannya diharapkan berimbas pada kesejahteraan petani.

“Inti Lumbung Desa adalah mengembalikan desa kepada khitahnya: Desa sebagai sumber pangan Indonesia. Mengangkat harkat dan martabat desa, khususnya para petani.” Kata Ceo Sinergi Foundation, Ima Rachmalia.

Dampak luasnya, lanjut Ima, menciptakan kedaulatan pangan di negeri tercinta. Kini, Lumbung Desa SF telah digerakkan di Compreng Subang, dan Cigalontang Tasik. Targetnya, tahun 2017, SF akan memberdayakan desa-desa potensial untuk dijadikan percontohan Lumbung Desa berikutnya. (agh)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.