Ketika RBC Jadi Saksi Kelahiran Bayi Kembar

SF-UPDATE,– Alhamdulillah, kembali Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) Sinergi Foundation menjadi saksi kelahiran dua bayi jelita ke 6.635 dan 6.636, Rabu (29/07/2016). Buah hati dari pasangan Ibu Nenden (33 thn) dan Bapak Cucu Rukmana (32 thn) ini bernama Dina Juliana dan Dini Juliani.

Berdasarkan informasi dari RBC, bayi yang ditangani langsung oleh bidan Endah Paridayanti terlahir dengan berat 2 kg dan 1,8 kg. Kedua bayi mungil nan suci ini juga mesti melalui perawatan intensif, sebab mengalami ikterus atau yang lazim disebut bayi kuning. 

Sementara itu, Resty Zulia selaku bidan RBC menjelaskan, bayi kuning itu diagnosanya Hiperbilirubin (kadar bilirubin dalam darah berlebih). Pengobatannya disinar dengan lampu fototherapy hingga kadar bilirubin-nya normal.

"Normalnya di bawah 12, kalau Dini 13 mg/dl tapi Dina 17 mg/dl," katanya. 

Resty menambahkan, untuk kasus bayi kuning dengan Bilirubin di bawah 20, masih bisa dirawat di RBC. Karena ada dokter yang pantau dan hanya perlu di-Fototherapy saja.

Nenden yang merupakan salah satu member RBC sempat menuturkan tidak menyangka akan melahirkan bayi yang kembar. Sebab memasuki enam bulan pun tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan demikian. Kendati merasa sangat sedih dengan kondisi anak ketiga dan keempatnya, Nenden tetap berbahagia dan optimis akan kesembuhan buah hatinya. []

 

Penulis : Pipin Nurullah

Editor : Maharevin

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.