lumbung desa, panen, panen sayuran organik, kelompok wanita tani, ciwangi garut

Kelompok Wanita Tani Binaan SF Panen Sayur Organik

Kelompok Wanita Tani (KWT) Sejahtera binaan Sinergi Foundation di Ciwangi Garut, melakukan panen sayuran untuk kedua kalinya, Senin (25/06/2018). Lahan seluas 20 tumbak tersebut ditanami berbagai jenis sayuran, seperti pakcoy, selada, kangkung, tomat, bayam, dan cabai. Selain lahan tersebut, lahan milik ketua KWT juga ditanami berbagai sayuran serupa. Dengan tanah seluas kurang lebih 15 tumbak, hamparan sayuran itu pun sudah siap dipanen 1 minggu kedepan.

Sayuran yang sudah dijual yaitu kangkung dan bayam, sementara sayuran lainnya yang jumlahnya terbatas dibagi rata kepada anggota. Penghasilan yang didapatkan dari hasil penjualan kedua ini sebesar Rp96.000, dan penjualan dilakukan di sekitar kampung Bojong oleh setiap anggota. Penghasilan yang didapatkan terbilang cukup lumayan, walaupun harga bibit yang dibeli untuk total semua jenis sayuran sekitar Rp150.000, namun untuk bibit sendiri memang  persediaan terbilang masih banyak, dan bisa digunakan untuk musim tanam selanjutnya.

“Memang ketika merintis usaha, perlu perjuangan yang ekstra dan memerlukan pengorbanan secara materi, saya berharap suatu hari nanti bisa menjadi salah satu tokoh pembaharu di lingkungan ini,” kata ketua KWT Sejahtera Ai.

Rencananya, ada pertemuan khusus dengan dinas setempat untuk program Kampung Organik, yang akan menjadi projek selanjutnya untuk KWT Sejahtera. Dengan adanya kolaborasi pendampingan antara tim Lumbung Desa Sinergi Foundation dan PPL Limbangan, diharapkan bisa mempercepat memajukan masyarakat sekitar, khususnya yang tergabung dalam KWT Sejahtera. []

(Rahmi Indriyani, Gagan Setiawan)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?