Kaya Akan Potensi Alam, Malangbong Diharapkan Jadi Percontohan Lumdes Selanjutnya

SF-UPDATE,– Dinilai kaya akan potensi alam, daerah Malangbong Garut diharapkan bisa jadi percontohan program Lumbung Desa selanjutnya. Demikian sepenggal pendapat dari Ketua Komunitas Ngebon Jabon Sigit Yunanto saat peninjauan perkembangan Pohon Jabon di Kampung Pasir jambu Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, beberapa hari yang lalu.

“Garut, khususnya daerah Malangbong ini punya demografi yang khas, Tanahnya sangat bagus, subur dan mata airnya tidak pernah kering kendati musim kemarau,” kata Sigit usai simbolisasi penanaman Pohon Jabon bersama tim survei Sinergi Foundation dan masyarakat.

“Jadi tidak hanya program penghijauan tapi juga pemberdayaan. Di sini juga bisa disinergiskan dengan program-program SF lainnya. Misalkan program lumbung desa. Oh itu sangat potensial sekali di sini,” lanjutnya.

Sigit berpendapat, dengan dioptimalisasinya kawasan pedesaan yang lain, gagasan desa sebagai sokoguru kekuatan ekonomi nasional tak lagi sekadar wacana. “Mudah-mudahan bisa berhasil seperti di daerah Cigalontang-Tasikmalaya dan Compreng Subang, dan semoga dengan hal itu, bisa menjadi wasilah kebermanfaatan yang lebih luas,” tandas Sigit.

Mengenai keindahan lokasi Kampung Pasir Jambu ini, salah satu perwakilan tim survei Sinergi Foundation, Usep Mu’ad mengibaratkan daerah tersebut sebagai surga dunia.

“Wah, indah sekali di sana. Nampak seperti penggambaran surga dalam Al Quran, yang mana mengalir sungai-sungai yang jernih, pepohonan yang hijau,” katanya saat sesi Monday Sharing, Senin (15/11/2016).

Harapan untuk menjadi destinasi percontohan lumdes juga didukung oleh Taufiq Hidayat. Manager Fundraising RBC ini menjelaskan bahwa kerjasama dengan masyarakat di sana bukan satu dua.

“Kita bekerja sama dengan masyarakat di sana juga bukan yang pertama, sebelumnya ada program ternak. Ini peluang sebetulnya, bisa jadi Malangbong ini percontohan Lumdes dari aspek hasil ternak,” tandasnya. []

 

Reporter : Maharevin

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.