Kampanyekan Kemanusiaan, Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) Kembali Gelar Donor Darah

SF-UPDATES,– Pagi itu riuh. Sebanyak 120 orang ramai mengantri di lantai 3 RM Ampera, Jl. PHH Mustofa No. 27 Bandung. Berbaris tertib, menunggu giliran pemeriksaan. Pembaca, tak usah heran. Kamis, 25 Agustus 2016 itu, Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), menggelar aksi donor darah di restoran tersohor Bandung itu.

Kegiatan yang terbuka untuk umum tersebut bukan yang pertama kalinya. Pihak RBC, Ampera, dan PMI sempat menghelat acara serupa di tahun sebelumnya. “Sudah terlaksana dengan rutin sekali dalam empat bulan, di tahun 2015. Tapi terhenti karena satu dan lain hal,” ungkap Manager RBC, Budimansyah.

Maka, di penghujung Agustus ini, Budi ingin kembali mengampanyekan nilai-nilai kebaikan dalam aksi donor darah. Ia menuturkan, donor darah adalah salah satu ikhtiar berbagi kebaikan kepada sesama. Sebab, satu kantung darah saja, bisa jadi sangat berarti bagi orang di luar sana.

Hal senada dinyatakan Konsultan dan Bagian Transfusi Darah PMI, Dr. Saerah Priyono. Selama ini, katanya, PMI berupaya membangkitkan jiwa kemanusiaan masyarakat melalui donor darah. Dan ia melihat, antusiasme masyarakat luar biasa. Hal itu dibuktikan dengan berbondong-bondongnya warga dalam melakukan donor.

“Pasti selalu ramai, termasuk di Ampera ini. Meskipun memang, di antara mereka ada yang ditunda transfusi darahnya, sebab berat badan yang kurang, atau hemoglobin yang rendah. Tapi tentu niat mereka tetap harus diapresiasi,” katanya.

Salah satu peserta yang bersemangat mendonorkan darahnya kala itu adalah Egi. Ia sangat mengapresiasi kegiatan donor yang kembali diadakan. Dengan begitu, ia bisa menyumbangkan sedikit darahnya pada saudara yang membutuhkan.

“Saya ikut (donor) karena kemanusiaan. Saya ikhlas darah saya diambil,” tandasnya.

Reporter: Aghniya Ilma Hasan

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.