Kajian Taklim RBC Bahas Empat Kedudukan Anak dalam Al Quran

SF-UPDATE,,– Ustazah Fatimah Alvapo menjadi pemateri dalam kajian yang dilaksanakan Majelis Taklim Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC). Di hadapan enam puluh orang member RBC yang hadir, ia menyampaikan empat kedudukan seorang anak dalam Alquran.
“Pertama, anak adalah anugerah dari Allah,” kata wanita yang karib dipanggil Ceu Empet ini, di RBC Jalan Holis No. 448A Bandung pada Kamis (31/3/2016). Ia mengingatkan jamaah, ada banyak orang yang tak dikaruniai buah hati oleh Allah, sehingga kehadirannya patut disyukuri.
Kedua, anak sebagai amanah. Ia menuturkan, Allah akan meminta pertanggungjawaban setiap orangtua atas anaknya di akhirat kelak. Orangtua-orangtua itu akan ditanyai cara mereka mendidik, memberi kasih sayang, juga menanamkan nilai.
“Dan paling penting, apakah semuanya diarahkan agar buah hati membekali dirinya untuk akhirat?” ujarnya.
Ketiga, anak adalah fitnah (ujian). Poin ketiga ini, katanya, terjadi jika anak terlibat dalam perbuatan negatif, seperti mengonsumsi narkoba atau tawuran. Ceu Empet menjelaskan, perbuatan-perbuatan anak itu lantas membuat resah orangtua.
“Maka, doakanlah terus buah hati Anda. Jika sudah sekuat tenaga mengingatkan anak namun ia tak mau mendengar, doakan dan serahkan pada Allah,” nasihatnya.
Terakhir, anak adalah perhiasan, dan kekayaan utama orangtua. Bagi orangtua, anak yang sholeh juga serupa deposito berharga, yang kelak bisa bermanfaat di akhirat. Ia menegaskan kembali hadits Rosul tentang tiga amalan yang tak akan putus: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh.
“Ingat, hanya doa anak yang sholeh yang akan menghantarkan orangtuanya ke Surga,” tutupnya.[]

penulis : Aghniya Ilma Hasan

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?