Jurnal Nature Sebut Tiap Tahun 15 Miliar Pohon Ditebang

SF-UPDATES,– Sebuah penelitian yang dipublikasikan Jurnal Nature, menyebut manusia menebang 15 miliar pohon setiap tahunnya. Pun, sejak awal peradaban manusia, jumlah pohon di dunia ditenggarai menyusut hingga 46 persen. Padahal, manusia memainkan peran penting dalam menentukan eksistensi pohon-pohon itu.

“Terdapat satu faktor yang selalu terjadi di seluruh bioma, yakni dampak negatif dari manusia," kata pemimpin penelitian ini, Thomas Crowther, dikutip dari National Geographic, Jumat (22/7/2016).

Menurutnya, penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan tentang konservasi dan kebijakan lingkungan. Meskipun, mereka menyadari inisiatif penghijauan yang dilakukan banyak pihak dewasa ini, tak banyak berpengaruh. Mereka menyatakan, dari satu miliar yang ditanam, hanya mewakili satu fraksi kecil saja dari seluruh pohon yang ada. Namun, setidaknya, ada harapan untuk dapat meningkatkan penyerapan karbon.

“Meski tahu pengaruhnya kecil, itu tak mengendurkan semangat kampanye lingkungan pihak-pihak itu,” kata Crowther.

Kendati hanya menjadi bagian kecil dari perubahan, banyak pihak peduli yang terus berusaha melestarikan kembali bumi. Serupa dengan yang dilakukan Sinergi Foundation, melalui program Green Kurban-nya. Sebuah program, dimana setiap satu hewan yang dikurbankan, turut ditanam satu pohon. Demi bumi yang kembali hijau.

CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia mengakui bahwa Green Kurban hanyalah bentuk Ikhtiar kecil. Namun, dari program ini, diharapkan dapat mendorong dan menginspirasi gerakan kolektif yang lebih besar, menghijaukan alam raya. Semakin semarak gerakan penghijauan, makin baik pula untuk lingkungan.

Hingga kini, Green Kurban terus melakukan upaya itu. Melalui program ini, telah ditanam sebanyak 18.501 bibit pohon melalui pola kemitraan, dengan skala prioritas di wilayah pesantren, sebagai sentra dakwah di pelbagai pelosok negeri.

Pun, Idul Adha 1437 H, akan segera tiba. Green Kurban kembali siap ikut andil dalam niat mulia melestarikan bumi. Tanpa menanam pohon, ibadah Kurban telah memiliki keutamaan yang luar biasa. Dengan menambahkan sebuah nilai positif (menanam pohon) yang mengiringi ibadah kita, mudah-mudahan menjadi amal jariyah bagi kita semua. []

Penulis : Aghniya Ilma Hasan 

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?