Jurnal Nature Sebut Pepohonan di Perkotaan Berdampak Positif pada Kesehatan Masyarakat

SF-UPDATES,– Sebuah studi yang diterbitkan Jurnal Nature menyebut pepohonan di perkotaan dapat berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat sekitar secara lebih baik. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa satu blok kota yang menanam lebih banyak pohon di jalan, berpengaruh dalam peningkatan kesehatan orang-orang sebanyak satu persen.

Penelitian tersebut menggabungkan data pohon di kota Toronto, Kanada, dengan survei kesehatan 31 ribu penduduk di dalamnya.

“Hasilnya, orang-orang yang tinggal di blok tersebut tidak akan terlalu mengidap darah tinggi, stress, dan obesitas, dibandingkan dengan lingkungan yang mempunyai pohon lebih sedikit,” ujar Marc Berman, salah satu peneliti studi tersebut, dilansir dari National Geographic, Selasa (9/8/2016).

Berman menyatakan, satu persen mungkin tak terlalu menimbulkan manfaat besar. Namun setidaknya, katanya, telah terindikasi bahwa penanaman pohon tak hanya bisa meningkatkan kualitas udara, namun juga penting untuk kesehatan.

Jika penelitian ini berhasil diimplementasikan di kota Toronto, tentu tidak musykil pula jika dilakukan di kota lain. Bagi sebagian orang, keprihatinan atas fakta betapa tergerusnya lahan hijau di perkotaan, telah mewujud aksi nyata. Tak hanya menyumbang ide, namun sudah menjadi bagian dari upaya menghijaukan kembali bumi.

Aksi tersebut dilakukan pula oleh Green Kurban. Dengan konsep program satu pohon untuk setiap hewan yang dikurbankan, Green Kurban telah menanamkan bibit penghijauan itu di kabupaten-kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Dalam kurun waktu 2013-2015, Green Kurban telah menanam sejumlah 18.501 bibit pohon melalui pola kemitraan, dengan skala prioritas di wilayah pesantren, sebagai sentra dakwah di pelbagai pelosok negeri. Penanaman pohon tersebut sebagiannya dilakukan di Subang, Sukabumi, Garut, termasuk kawasan terpadu Firdaus Park, di kabupaten Bandung Barat.

Masih maukah Anda berdiam diri? Pohonlah yang mampu menopang lingkungan. Demi kebaikan kita sendiri, perbaikan tata kelola ruang hijau memegang salah satu kunci kesehatan, mendorong efek negatif pemanasan global. []

Penulis: Aghniya Ilma Hasan

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?