Jadi Percontohan Program Wakaf, MAI Foundation Studi Banding ke Sinergi Foundation

SF-UPDATE,– Dalam proses penggarapan program unit wakaf, Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation bersilaturahim dengan lembaga wakaf Sinergi Foundation (SF). Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding program-program wakaf SF, seperti Firdaus Memorial Park (FMP) dan Rumah Makan Ampera Pasteur Bandung.

"MAI melakukan brain storming dan sharing pengalaman dengan SF dalam pengelolaan wakaf produktif. Setidaknya ini membuktikan mereka memiliki pandangan SF memiliki portofolio dalam mengelola aset wakaf produktif dalam kurun waktu 7 tahun terakhir ini (2011-2017)," kata Deputi CEO SF, Asep Irawan yang turut menemani rombongan ke FMP. 

Sementara itu, General Manager MAI Foundation Abdul Ghofur menjelaskan, memahami permasalahan dan program yang berhasil dalam ruang lingkup wakaf amatlah krusial untuk menyusun perencanaan program.

“Wakaf tidak hanya pemakaman dan masjid saja. Wakaf juga bisa diproduktifkan melalui apotek, usaha pakaian, bahkan restoran. Di mana hasilnya dapat dimanfaatkan kembali untuk mustahik,” jelas Ghofur ketika mengunjungi FMP di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (26/3/2017).

“Hal ini menunjukkan bahwa peluang wakaf cukup besar di Indonesia, sedangkan pengelolanya masih terbatas,” lanjutnya.

Ghofur menuturkan, memilih Sinergi Foundation sebagai tujuan studi banding karena memiliki program masterpiece di bidang wakaf, yaitu FMP dan program wakaf yang lain. Sehingga, sangat memungkinkan untuk di-customize pada MAI Foundation.

“Diharapkan studi banding ini dapat menjadi model bagi MAI Foundation, nantinya mungkin bisa menjadi bagian kerjasama kemitraan yang kuat untuk mensyiarkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat nilai penting berwakaf,” tandasnya. []

Reporter: Nurma

Editor: Mahar

 

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?