Infaq Sedekah

 

perbedaan zakat infaq sedekah hadiah dan wakaf, perbedaan zakat infaq sedekah, pengertian zakat infaq sedekah, perbedaan zakat infaq sedekah dan wakaf, manfaat infaq sedekah, perbedaan infaq n sedekah, infaq dan sedekah perbedaan, pengertian infak sedekah, perbedaan infaq sedekah wakaf, pengertian sedekah infak dan wakaf, perbedaan infaq sedekah zakat dan wakaf, perbedaan infaq sedekah dan waqaf, beda infaq sama sedekah, bedanya infaq sama sedekah, perbedaan infaq sama sedekah, zakat infak sedekah wakaf, beda infak sedekah wakaf, infaq dan sedekah perbedaan, pengertian infak sedekah, perbedaan infaq sedekah wakaf, pengertian sedekah infak dan wakaf

infaq dan sedekah, infaq dan shodaqoh, infaq penghasilan, infaq online, infaq sedekah, infaq shodaqoh, infaq sedekah dan wakaf, voucher infaq, infaq zakat dan wakaf, infak zakat sedekah, infaq zakat shodaqoh, infaq IBUNDA sinergi foundation

INFAQ

Infak berasal dari akar kata : Nafaqa (Nun, Fa’, dan Qaf), yang mempunyai arti keluar. Dari akar kata inilah muncul istilah Nifaq-Munafiq, yang mempunyai arti orang yang keluar dari ajaran Islam.

Kata (infaq), yang huruf akhirnya mestinya “Qaf”, oleh orang Indonesia dirubah menjadi huruf “ Kaf ”, sehingga menjadi (infak).   

Maka, Infaq juga bisa diartikan mengeluarkan sesuatu (harta) untuk suatu kepentingan yang baik, maupun kepentingan yang buruk.

Sedangkan Infaq secara istilah adalah: Mengeluarkan sebagian harta untuk sesuatu kepentingan yang diperintahkan oleh Allah subhanahu wata’ala, seperti : menginfakkan harta untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Infaq sering digunakan oleh Al Qur'an dan Hadits untuk beberapa hal, diantaranya :

  1. Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan, yaitu zakat. Infaq dalam pengertian ini  berarti zakat wajib.
  2. Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan selain zakat, seperti kewajiban seorang suami memberikan nafkah untuk istri dan anak-anaknya. Kata infak disini berubah menjadi nafkah atau nafaqah.
  3. Untuk menunjukkan harta yang dianjurkan untuk dikeluarkan, tetapi tidak sampai derajat wajib, seperti memberi uang untuk fakir miskin, menyumbang untuk pembangunan masjid atau menolong orang yang terkena musibah. Mengeluarkan harta untuk keperluan-keperluan di atas disebut juga dengan infaq.
  4. Biasanya infaq ini berkaitan dengan pemberian yang bersifat materi. 

SEDEKAH

Sedangkan  “Sedekah“  secara bahasa berasal dari akar kata (shodaqa) yang terdiri dari tiga huruf : Shod- dal- qaf, berarti sesuatu yang benar atau jujur. Sedekah bisa diartikan mengeluarkan harta di jalan Allah, sebagai bukti kejujuran atau kebenaran iman seseorang.

Sedekah bisa diartikan juga dengan mengeluarkan harta yang tidak wajib di jalan Allah. Tetapi kadang diartikan sebagai bantuan yang non materi, atau ibadah-ibadah fisik non materi, seperti menolong orang lain dengan  tenaga dan pikirannya, mengajarkan ilmu, bertasbih, berdzikir, bahkan  melakukan hubungan suami istri, disebut juga sedekah.  

Berikut adalah Program Infaq dan sedekah Sinergi Foundation:

  1. IBUNDA (Infaq Bulanan Untuk Dhuafa)
  2. DAILY SEDEKAH
  3. SEBAR NILAI (Sedekah Barang Bernilai)
  4. Sedekah Sawah Produktif
  5. Sedekah Pohon Produktif
  6. Sedekah  Kambing

 

SINERGI FOUNDATION
Call Center : 0851 0004 2009 (Telkomsel)

Alamat :

Gedung Sinergi Foundation
Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki)
No. 143 Bandung 40173
Telp: (022) 612 0218
Fax: (022) 612 0130

Gedung Wakaf 99
Jl. Sidomukti No. 99 H Bandung 40123
Telp: (022) 251 3991
Fax. (022) 251 1865
Twitter: @sinergiID
Facebook : https://www.facebook.com/sinergifoundation
Website: http://www.sinergifoundation.org


Lokasi Kantor Sinergi Foundation

 




Members of Sinergi Foundation




Rumah Bersalin Cuma-Cuma

Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi Ibu dan Anak dari kalangan dhuafa, khususnya dalam bidang persalinan secara Cuma-Cuma dengan mengedepankan pengelolaan professional dan pelayanan maksimal

Paket Donasi :
Paket Ibu
Rp.500.000,-
Paket Anak
Rp.250.000,-
Beasiswa Pemimpin Bangsa

Beasiswa Pemimpin Bangsa Sinergi Foundation (BPB) adalah program beasiswa pendidikan terpadu dengan sistem asrama, bagi mahasiswa berprestasi dari kalangan dhuafa pada perguruan tinggi negeri di Indonesia

Lumbung Desa

Merupakan sebuah gagasan yang diinisiasi Sinergi Foundation, sebagai upaya mengembalikan desa kepada khittahnya: Desa sebagai sumber pangan Indonesia. Mengangkat harkat dan martabat desa, khususnya para petani. Dampak luasnya, menciptakan kedaulatan pangan di negeri tercinta

Sign Up for Kabar Sinergi