lombok, gempa bumi, bencana alam, let's help lombok, huntara

Hunian Sementara untuk Lombok Masih Terus Dibangun

Hingga matahari berada di atas kepala, warga Kp. Lauk Rurung Barat Ds. Sembalun Bumbung, Sembalun, Lombok Timur nampak sibuk mendirikan rangka bangunan berbahan dasar bambu. Rangka tersebut nantinya akan menjadi huntara bagi korban gempa yang saat ini masih mengungsi di tenda darurat.

Menggunakan material bambu sebagai dasar bangunan, bukanlah tanpa pertimbangan. Bambu yang termasuk dalam jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas ini memiliki banyak keunggulan. Seratnya yang liat dan elastis sangat baik dalam menahan beban, baik beban tekan, tarik, geser, maupun tekuk. Dengan begitu, struktur bambu terbukti memperkuat bangunan di daerah rawan gempa. Selain mempertimbangkan hal itu, potensi tanaman bambu di Desa Sembalun sendiri pun cukup melimpah.

Dengan memanfaatkan potensi tersebut, akan turut dibangun 48 huntara partisipatif dan bantuan 8 huntara. Dari 8 huntara tersebut, 4 diantaranya diperuntukkan untuk janda berusia senja. Dan 4 lainnya untuk pemuka agama, yang selanjutnya akan dimanfaatkan untuk guru ngaji, koperasi, dan rumah singgah bagi musafir.

Semoga rencana mendirikan tempat tinggal sementara ini dapat segera diselesaikan sebelum memasuki musim penghujan.

Mari bantu Lombok untuk bangkit!

KLIK DONASI di sini

Atau transfer ke :
Mandiri Syariah 7060 300 709
BNI Syariah 009.255.3468
a/n Sinergi Foundation

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.