Hadapi Kemarau, Sinergi Rescue Lakukan Pipanisasi Di Desa Purabaya Kabupaten Cianjur

SF-UPDATE,– Tim Rescue Sinergi Foundation menginisiasi program pipanisasi di Desa Purabaya Kecamatan Leles Kabupaten Cianjur. Menurut salah seorang relawan Tim Rescue, Iwan Hanafi, pipanisasi ini dibuat dalam rangka menghadapi musim kemarau.

“Pada musim kemarau, biasanya sawah dan ladang di desa ini kering karena kekurangan air,” katanya. 

Ia menuturkan, berdasarkan rekomendasi distributor Green Kurban, Desa Purabaya memang merupakan salah satu desa di Cianjur yang tidak memiliki sumber air. Bahkan pada musim hujan, kata Iwan, masyarakat setempat harus memanggul air dari sungai yang jaraknya mencapai satu kilometer dari desa kediaman mereka.

“Program ini diberlakukan di penghujung musim penghujan. Harapannya, seluruh warga tak lagi merasakan susahnya air bersih di musim kemarau,” tuturnya.

Sementara itu, direktur program SF, Arie Suryani menyatakan masyarakat sangat kooperatif dan bersedia tak diupah dalam pembangunan pipa ini. “Masyarakat di desa Purabaya sangat guyub. SF sendiri hanya mengeleuarkan biaya untuk bahan bangunan, pipa, dan mesin penyedot air,” jelas Arie.

Pipa air yang digunakan dalam program ini sepanjang 650 meter, dan akan ditampung di sebuah bak besar yang ditempatkan di lahan wakaf Madrasah Darajatul Insan di desa setempat. Air yang dialirkan oleh pipa bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa yang dihuni 130 orang kepala keluarga itu. 

(Reporter Program SF : Aghniya Ilma Hasan)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.