Gotong Royong, Modal Majukan LD Sejahtera Ciwangi

SF-UPDATES,– Memajukan suatu desa memang tidaklah mudah, namun bukan berarti sulit untuk diwujudkan. Perlu adanya tekad yang kuat, kerja keras, dan sikap tidak mudah menyerah. Hal inilah yang disadari oleh Kelompok Tani Sejahtera Kp. Bojong Desa Ciwangi, salah satu binaan Lumbung Desa Sinergi Foundation.

Menurut mereka, perjuangan untuk menjadikan masyarakat sejahtera memerlukan usaha yang sungguh-sungguh, juga ikhtiar maksimal dan kerjasama antar masyarakat. Dengan kesadaran itu, anggota Kelompok Tani LD Sejahtera, Ciwangi membuat langkah nyata untuk mewujudkan cita-cita.

Salah satu langkah strategi yang dilakukan adalah gotong- royong. Pada hari-hari libur, mereka memanfaatkan untuk menambah modal usaha kelompok dengan menggarap sawah warga.  Pada hari Minggu (3/9/2017) mereka menggarap seperempat hektar sawah di Kp. Bojong Desa Ciwangi, yang hasilnya untuk permodalan kelompok.

Juju, ketua Poktan Sejahtera Ciwangi menjelaskan, “Gotong royong dalam menggarap sawah ini merupakan kegiatan yang wajib bagi Poktan Sejahtera. Selain mencari permodalan usaha kelompok, gotong royong menggarap sawah ini adalah  sarana untuk menguatkan dan menyolidkan kelompok agar terus berjalan dan berjuang bersama,”

Kegiatan rutin ini kedepannya bisa menjadi contoh bagi poktan-poktan lain, bahwa modal untuk maju tidak hanya melulu pada uang, namun modal yang terbesar bagi kemajuan kelompok tani adalah gotong royong. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?