“GEMPA BUMI di Lombok ini rasanya di luar kewajaran…”

Begitu kata seorang warga. Dari akhir Juli hingga kini (10/8/18), gempa datang beruntun. Terus menerus, kadang malam, kadang siang, besar, kecil. Setiap hari.

Terbesar saat gempa 29 Juli (6,4 SR) dan 5 Agustus 2018 (7.0 SR) lalu. Alhasil, 381 orang meninggal dunia, 1.033 orang luka-luka, dan 270.168 lainnya diungsikan.

Anda, seorang warga, meyakini ini disebabkan ‘marahnya’ para ulama yang bersemayam di Gunung Rinjani. Sebab katanya, kini gunung yang sempat dibanjiri wisatawan ini kini begitu bebas. Orang-orang sesuka hati masuk gunung, membuang sampah sembarangan, dan bahkan melakukan pergaulan bebas.

Lain hal dengan yang dikatakan Dion. “Tidak, ini teguran Allah SWT saja untuk orang-orang yang memimpin saat ini,” katanya, Rabu (8/8/18) lalu.

Sementara itu, seorang relawan bernama Ustadz Maftuh mengimbau masyarakat untuk berhenti melakukan maksiat. Sebab menurutnya, bencana gempa bertubi-tubi ini adalah teguran yang menampar manusia agar mau berpikir.

Terlepas dari itu, Zakariya, warga setempat, mengatakan bencana ini telah menjatuhkan banyak korban dan perlu penanganan segera. Gempa terpusat di Lombok Utara menyebabkan banyak orang tertimbun bangunan, dan evakuasi terus menerus digencarkan. Pun, para warga di pengungsian baik di Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Barat, dan Mataram membutuhkan logistik makanan darurat, selimut, air, dan lain-lain.

“Bahkan kini, di Lombok Utara banyak yang kelaparan, karena ada titik yang tak tersentuh,” kata Zakariya.

Sebab itu, ia sendiri kerap berkeliling membantu para relawan di luar pulau untuk pergi ke titik terpencil.

“Saat ini relawan medis, logistik, semua menumpuk di satu titik. Padahal ada banyak lagi masyarakat yang membutuhkan.

Sinergi Foundation sendiri telah menyalurkan sejumlah kebutuhan di pengungsian warga Sembalun Bumbung, Sembalun Lombok Timur; dan Kampung Batu Rakit, Suka Dana, Lombok Utara, dengan bantuan berupa beras, air minum, minyak, popok bayi, genset, selang air, terpal, dan lain-lain. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.