Gelar Temu Tokoh, Erie Sudewo Bahas Pentingnya Memiliki Karakter

 

SF-UPDATE,– Para penerima manfaat beasiswa Sinergi Foundation yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Pemimpin Bangsa (Gamapinsa) mengikuti kegiatan Temu Tokoh. Hadir Pendiri Character Building Indonesia (CBI), Erie Sudewo yang membahas pentingnya memiliki karakter.

“Karakter adalah sesuatu sifat baik yang melekat. Kalau sifat buruk namanya tabiat,” terang Erie Sudewo mengawali pembicaraan, di Aula KBP Chakra, Ahad, (12/03/2017).

“Karakter yang disertai sujud barulah disebut akhlak. Jadi karakter itu bagian dari akhlak,” lanjutnya.

Dewan Pembina Sinergi Foundation ini menjelaskan, karakter dasar yang harus dimiliki setiap insan seminimalnya ada tiga hal. Yaitu Jangan Egois, Jujur, dan Disiplin. Ketiga hal ini bila ada dalam diri kita, Erie meyakinkan, karakter baik yang lainnya akan mengikuti.

Selain membahas Karakter Dasar, Erie juga menyinggung soal pencapaian-pencapaian terbesar yang telah ditorehkan di usia saat ini.

“Ketika kapal tidak tahu ke mana berlayar, tidak ada satupun angin yang dapat mendorong. Hidup di dunia ini harus mempunyai tujuan,” kata Erie Sudewo.

Menurut Erie, keberhasilan itu ditentukan oleh perilaku. Dari 100 persen, prosentasi perilaku menentukan keberhasilan sebesar 80 persen, sisanya adalah kecerdasan.

“Contohnya adalah perilaku jujur. Kejujuran itu adalah puncak dari kebaikan. Tanpa sujud, orang jujur memang sudah keren. Tapi tidak bisa berbuah amal (bernilai di hadapan Allah),” kata Erie. []

 

Reporter : Mahar

 

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.