kurban, green kurban, idul adha

Empat Keutamaan Ibadah Kurban

Meski masih Syawal, beberapa saat lagi kita akan menghadapi Idul Adha. Salah satu ibadah sunnah muakkad yang dianjurkan saat itu adalah kurban. Supaya makin semangat menjalankan seluruh kebaikan dalam ibadah ini, kita simak yuk keutamaan-keutamaannya:

Pertama, kurban sarana mendekatkan diri pada Allah. Sebagaimana shalat, kurban menjadi media taqwa seorang hamba. Sebagaimana QS Al Maidah: 27, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertakwa.”

Kedua, sebagai saksi amal shaleh di hadapan Allah. Ibadah qurban mendapatkan ganjaran yang berlipat dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits disebutkan, “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Ketiga, pembeda dengan orang kafir. Penyembelihan hewan ternak tidak saja dilakukan oleh umat Islam, tetapi juga oleh umat lainnya. Pada zaman dahulu, orang-orang jahiliyah melakukan kurban, hanya saja dijadikan sebagai sesembahan kepada selain Allah.

“Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, sembelihanku (kurbanku), hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam, tiada sekutu baginya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).” [QS: al-An’am : 162-163]

Keempat, berdimensi sosial ekonomi. Selain menjadi momen mendekatkan diri pada-Nya, kurban juga memupuk rasa empati pada sesama, solidaritas, kedermawanan, dan melatih diri menjadi pribadi peduli.

Dari Ali RA, ”Rasulullah memerintahkan kepadaku untuk mengurusi hewan kurbannya, membagi-bagikan dagingnya, kulit dan pakaiannya kepada orang-orang miskin, dan aku tidak diperbolehkan memberi sesuatu apapun dari hewan kurban (sebagai upah) kepada penyembelihnya.” (Muttafaqun ‘alaih)

Berencana melakukan kurban? Klik di sini

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?