Elod, Panganan Khas yang Menjadi Primadona Lumbung Desa Ciwangi

Sekilas orang tidak asing dengan yang namanya  panganan bernama “Elod”, namun banyak juga yang tidak mengetahuinya. Elod adalah salah satu makanan olahan dari limbah singkong yang warnanya hitam ke abu-abuan. Biasanya masyarakat mendapatkan limbah singkong membeli langsung ke pabrik terdekat. Menurut penuturan salah satu warga kampung Bojong Desa Ciwangi pa Didin usaha makanan berupa elod sangat menguntungkan, karena bahan-bahan yang sangat murah dan dapat dibeli oleh semua kalangan karena harga yang sangat terjangkau. Selama berjualan elod setidaknya mampu meringankan beban hidup keluarga.

 

Harga perseratus biji elod yang sudah jadi sekitar Rp.4000, dan dipasarkan Rp.1000 untuk setiap bungkusnya. Usaha jual beli elod patut untuk dipertimbangkan, terutama apabila dikemas secara lebih menarik dengan strategi marketing yang bagus, akan menarik peminat yang lebih tinggi, dan akan menjadi salah satu makanan khas dari Desa Ciwangi.

"Seiringan dengan program Lumbung Desa yang digulirkan di Desa Ciwangi, diharapkan setelah sektor pertanian maju, salah satu makanan khas ini bisa menjadi salah satu pendukung untuk terwujudnya Desa Wisata, sehingga bisa menambah penghasilan dan mensejahterakan masyarakatnya," kata Rahmi, pendamping Lumbung Desa Ciwangi. []

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.