Sinergi Foundation dan ANNAS Distribusikan Hewan Qurban di Daerah Rawan Kristenisasi

tebar hewan kurban, green kurban, green qurban bandung, green kurban sinergi foundation, distribusi qurban, distribusi hewan qurban, distribusi daging qurban, qurban jawa barat, qurban bandung, qurban kuningan, hewan qurban

Melalui program Green Kurban, Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) bersama Sinergi Foundation mendistribusikan hewan qurban ke daerah rawan akidah. Di antaranya, ke Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Selain sebagai daerah binaan Annas, lokasi ini juga dikategorikan sebagai Rawan Kristenisasi.

Hal ini diakui Ketua MUI Kecamatan Cigugur, Suhlan kepada tim monitoring Green Kurban – Sinergi Foundation. “Kurang lebih sekarang sebanyak 25 persen dari warga Desa Cisantana ini sudah menjadi Kristen Katolik,”  kata Suhlan, Sabtu (26/09/2015).

“Dulunya ada yang muslim, tapi memang kebanyakan penganut Agama Pasundan,” lanjutnya.

Suhlan bercerita, dulu penganut ini pernah dibubarkan pemerintah di tahun 1962 karena menghina Islam. Setelah dibubarkan ini, misionaris Kristen masuk, sebagian ada yang kristen, sebagian lagi ada yang kembali Islam. Saat pemerintahan (alm) Gusdur, imbuhnya, Agama Pasundan ini diangkat kembali atau dikukuhkan menjadi aliran kepercayaan.

Kendati sudah diakui, yang dulunya menganut Agama Pasundan dan kini menjadi Kristen, juga enggan kembali dan tetap menjadi Kristen. Di antara alasannya adalah kedekatan personal dan bantuan materil yang dilakukan orang-orang kristen.

“Jadi sebetulnya walaupun minoritas, mereka memperhatikan kondisi satu sama lainnya. Pernah juga di antara mereka menyumbang keramik untuk lantai pembangunan masjid. Namun kami tolak, karena kami masih merasa mampu untuk membuat masjid dengan dana dari umat Islam sendiri,” tutur Suhlan, yang juga ketua DKM Al-Ikhlas.

“Untuk pendidikan, misalnya, mereka membuat satu sekolah bernama Sekolah Yos Sudarso. Itu 100 persen untuk orang Kristen,” lanjutnya.

Walaupun minoritas, Suhlan bersama tokoh masyarakat lainnya terus berupaya menyolidkan barisan umat muslim. Di antaranya dengan rutin mengadakan pengajian, memberdayakan pemuda karang taruna dengan kegiatan keislaman lainnya.

Adanya bantuan hewan qurban dari Sinergi Foundation dan  ANNAS ini, diakui Suhlan sangat membantu masyarakat Cisantana. Suhlan menilai, bukan pada banyak atau sedikitnya daging yang akan diberikan, tapi lebih kepada sebentuk perhatian sesama umat muslim, yang membuat warga muslim di sini merasa diperhatikan.

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.