Ciptakan Generasi Berkualitas, 3 Ayat Al Quran Ini Jadi Panduan

SF-UPDATES,– Untuk melahirkan generasi emas yang berkualitas, pendidikan dan pembinaan keluarga sangat berpengaruh. Orang tua yang baik, akan melahirkan keturunan yang baik. Pun, dalam Al Quran, diperintahkan agar putra-putri dididik supaya lebih berkualitas dari orang tua.

“Sebagaimana disebut An Nisa: 9, ‘Hendaklah orang-orang itu khawatir, jangan sampai melahirkan generasi yang lemah setelah mereka’,” kata KH Miftah Faridl, dalam ceramahnya di Tausiyah dan Talkshow Parenting “Dedikasi untuk Ibu dan Generasi”, Masjid Trans Studio Bandung, Selasa (25/10/2016).

Ia menuturkan, setidaknya ada tiga ayat dalam Al Quran, yang menjelaskan tiga kondisi keluarga yang berpotensi kondusif melahirkan generasi berkualitas. Pertama, tertera dalam QS Ar Rum: 21, di mana di dalamnya disebut anjuran menciptakan keluarga yang tentram (sakinah), rasa kasih (mawaddah), dan saling menyayangi (warahmah).

“Akan sulit menciptakan generasi emas kalau sarat konflik, penuh prasangka, atau penuh pertengkaran. Keluarga sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter anak,” jelasnya.

Kedua, disebut dalam QS Al Furqan:74. Selain orang tua harus menjadi teladan dan mengawal pendidikan, tapi harus juga menopang dengan doa agar anak tersebut berhasil. “Ayat tersebut bisa dijadikan panduan doa, ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai qurrata a’yun (penyenang hati),, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa’,” terang Dewan Pembina SInergi Foundation ini.

Contoh qurrata a’yun dalam ayat ini, katanya, dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, putra yang bisa membanggakan kedua orang tua dengan prestasi yang diraih. Tak hanya perkara prestasi, namun juga memiliki daya juang untuk senantiasa dalam ketaqwaan.

Terakhir, tersebut kata munzalan mubaarakan (tempat tinggal yang sarat keberkahan) dalam QS Al Mu’minun: 29. Ciri keberkahan, jelasnya, adalah adanya kenikmatan, maslahat, menghadirkan manfaat dalam setiap kegiatannya, sehat jasmani dan rohani, dan dekat dengan ketaatan pada Allah.

“Tiga ayat itulah yang mendukung lahirnya sosok generasi yang gemilang,” pungkasnya.

Reporter: Aghniya Ilma Hasan

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.