Cerita Bidan RBC, Aksi Tanggap Bencana Banjir Bandung Selatan

SF-UPDATE,– Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) Sinergi Foundation mengadakan aksi kesehatan kebencanaan di salah satu kawasan banjir Bandung Selatan. Tepatnya di Kampung Leuwi Bandung Desa Citeuruep, Kec. Dayeuhkolot, Rabu (16/03/2016). Sebanyak 10 orang yang turun dalam aksi ini, di antaranya Direktur RBC, dr. Erni Trisnasari, Manager RBC Bagian Kabupaten, Budimansyah, beberapa dokter dan bidan lainnya.

“Kami menyusuri jalan dengan bantuan perahu. Karena kami harus melewati banjir setinggi 60-70 cm,” kisah Bidan Resty mengawali cerita.  

“Sepanjang perjalanan menuju lokasi aksi kesehatan kami melewati rumah-rumah yang terendam banjir. Beberapa warga yang memiliki rumah dengan satu lantai mengungsi di tenda pengungsian, namun masih ada beberapa warga yang masih bertahan di rumahnya yang memiliki dua lantai,” lanjutnya.

Bidan Resty melanjutkan, setelah tiba di lokasi, mereka langsung diserbu warga yang ingin memeriksakan keluhannya. Baik anak-anak maupun orang dewasa, mengeluhkan gatal-gatal di sekitar kaki dan badan. Ada beberapa orang dewasa yang juga mengeluhkan pegal linu.

“Dan tidak sedikit pula dari warga baik dewasa maupun anak-anak yang mengeluh sakit maag. Karena tidak di pungkiri mereka kesulitan mendapatkan makanan,” lanjut Bidan Resty.

Untuk masakpun sulit karena banjir yang datang tiba-tiba di malam Rabu (15/03) itu telah merendam kompor di rumah warga sekitar, serta bahan makanan pun sulit didapat,” tandasnya.

Bidan Resty berharap, semoga dengan aksi kesehatan ini, para warga terhindar dari penyakit lain yang dapat mengancam nyawa. Ia juga berharap warga mendapatkan bantuan yang mencukupi.

“Semoga masalah banjir di Dayeuhkolot dan sekitarnya ini cepat teratasi. Agar ini menjadi banjir terparah dan terakhir yang dialami warga di sini. Amin Amin ya Rabb,” pungkasnya. []

 

Reporter program SF: Resty Z

Editor : Maharevin

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.