CEO Sinergi Foundation Jadi Pembicara Konferensi Internasional Filantropi Islam

 

SF-UPDATE,– Ratusan akademisi, pakar, dan praktisi penggerak wakaf, zakat, dan keuangan mikro syariah berkumpul dalam 5th Southeast Asia International Islamic Philanthropy Conference (SEAIIPC) di Hotel Avillion, Melaka, Malaysia, Rabu (15/2/2017) esok. Acara ini dihelat oleh Center for Islamic Philanthropy and Social Finance (CIPSF-UiTM), Institut Manajemen Zakat (IMZ) Jakarta, dan Institut Kajian Zakat (IkaZ-UiTM).

Sebagai salah satu lembaga yang memiliki kiprah panjang dalam menggiatkan wakaf, Sinergi Foundation (SF) diminta menjadi salah satu pembicara dalam konferensi. CEO SF, Ima Rachmalia berkesempatan menjelaskan terkait salah satu program SF, Firdaus Memorial Park, dan mengupas masalah di balik pemakaman di Indonesia.

"Masalah keterbatasan lahan pemakaman sudah begitu kompleks bagi seluruh lapisan masyarakat, apalagi ini mengakibatkan melangitnya harga sebuah kavling kuburan,” kata Ima.

“Bagi kaum dhuafa bahkan jauh lebih rumit, sebab mereka harus sanggup menyediakan dana yang mencapai jutaan rupiah untuk dapat memakamkan sanak saudaranya dengan layak,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, ada banyak hal lagi yang akan dikupas dalam konferensi. SF mencoba meretas solusi atas permasalahan ini dengan membuat aset wakaf yang dimiliki umat, melalui program Firdaus Memorial Park.

Ima bersyukur. Sebab melalui kegiatan ini, ia bisa menyosialisasikan program keumatan ini secara lebih global. Terutama, menambah jejaring dan melihat inovasi filantropi di negeri-negeri tetangga.

SF sendiri merasa tak kalah saing. Ia menyatakan kiprah Sinergi Foundation tak sebatas FMP. Dengan wakaf dari segenap insan peduli, SF juga menggiatkan sejumlah aset wakaf produktif. Sebut saja Rumah Makan Ampera Pasteur. Dalam waktu dekat, SF pun hendak mencanangkan pembangunan Rumah Sakit Wakaf (RSW) Ibu dan Anak. (Agh)

 

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.