bantu pengobatan najaya, penyakit stomatitis, sariawan, kemanusiaan, sinergi pelayanan masyarakat, sinergi foundation

Bantu Pengobatan Untuk Najaya

0%

Pernah mendengar tentang penyakit stomatitis atau istilah yang familiarnya yaitu sariawan? Sebuah radang yang terdapat pada mulut dan sangat mengganggu aktifitas makan, apalagi makan makanan yang pedas. Sekilas penyakit ini tampak biasa, bisa diobati dengan obat warung atau banyak minum air putih. Namun ada yang unik, sariawan ini bagi seseorang bisa menjadi penyakit yang membahayakan.

Adalah Muhamad Najaya (9th) salah seorang mustahik Sinergi Pelayanan Masyarakat (SPM) Sinergi Foundation (SF) yang pada bulan Oktober 2016 lalu diserang oleh penyakit sariawan di bibir. Awalnya tampak biasa, hingga ibunya (Lina) cukup memberikan obat warung dan obat herbal yang dioleskan kebibir. Beberapa saat setelah pemberian obat, sakit Najaya semakin parah. Tampak bercak-bercak nanah disekililing bibirnya dan membuat bibirnya semakin buruk serta dihinggapi rasa gatal.

Namanya anak kecil yang merasai gatal, ia menggaruk bibirnya menggunakan gigi atau bisa dibilang ia menggerogoti bibirnya. Perlahan tapi pasti bibir Najaya mulai habis, dan gusi semakin membengkak, tidak hanya itu giginya pun mulai tanggal satu persatu, hingga tidak menyisakan 1 gigi pun. Saat itu orang tuanya langsung membawa Najaya ke Rumah Sakit dan dokter memutuskan untuk melakukan operasi terhadap sisa bibir dan juga gusi Najaya.

Operasi berhasil, dan Najaya sehat meski tidak memiliki bibir dan juga gigi lagi. Sejak operasi, ia makan makanannya dengan cara diemut dan ini hanya berlangsung beberapa saat, karena beberapa hari setelah itu muncul sebuah lubang di langit-langit mulut Najaya, yang mengakibatkan apapun yang dia makan sebagian akan keluar kembali melalui hidungnya. Orangtua Najaya memutuskan untuk melakukan operasi lagi untuk menambal lubang tersebut, namun lubang yang baru muncul disisi lain. Hingga akhirnya saat ini dokter belum mengambil tindakan lanjut, karena akan memeriksa terlebih dahulu. “Ini tampaknya penyakit baru,” ujar dokter.

Muhammad Suryono (37th) adalah bapak dari Najaya hanya seorang pekerja serabutan yang tidak memiliki penghasilan tetap. Ibunya tidak bekerja, mengurus Najaya, dan Salwa (adiknya) yang juga memiliki penyakit yang sama dirumah. Setiap minggu Najaya harus kerumah sakit, dan menghabiskan biaya sebesar Rp. 800.000/minggu. Ini salah satu penyebab keluarga yang beralamat di Cibeurem, Cimahi Selatan ini meminta bantuan lab ke SPM untuk Najaya.

Bapak Suryono sangat berharap akan kesembuhan dua anaknya yang menderita penyakit yang sama, dia ingin anak-anaknya bisa seperti anak normal yang lainnya.


Impian Najaya bisa di wujudkan, asal kita mulai peduli. Begitu banyak Najaya-Najaya lainnya diluar sana, sedang berjuang dengan penyakit masing-masing. Maka tugas kitalah untuk membantu mereka keluar dari kesedihan yang melanda, dan bahkan membantu mereka dalam pengobatan.

“Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.” (H.R Muslim)

Mari bergabung bersama kami, Sinergi Foundation untuk membantu Najaya dan teman-temannya, agar mereka kembali tersenyum, optimis menata impian dan dunianya.

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti
DONASI SEKARANG

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.