Bukan Cuma Seru, Riungan Warga Ciwangi Garut Banjir Hadiah

SF-UPDATE,– Biasanya rapat merupakan kegiatan yang jenuh dan membosankan. Namun, lain halnya dengan riungan warga ciwangi Garut dalam mempersiapkan program Lumbung Desa Sinergi Foundation. Bukan cuma seru dan semarak, tetapi nilai kearifan lokal masyarakat desanya begitu kental. warga yang berprestasi diberikan apresiasi dengan begitu tulus. Yuk kita intip seperti apa keseruannya!

Pendamping program Lumdes Maryana Ahmad bercerita, acara riungan kerap dihadiri para pemangku jabatan daerah yang senantiasa memberikan motivasi dan semangat.Seperti saat sambutan Kepala Desa Ciwangi, Marpu Setiabudi yang mengapresiasi semangat para peserta yang terus mengikuti dan menjalankan setiap tahapan.

“Kades senantiasa mengingatkan peserta dalam menjalankan lumbung desa semata diniatkan demi ibadah,” kata Ahmad via WhatsApp, Selasa (28/03/2017)

“Tak kalah penting selalu mengedepankan kebersamaan, saling instrospeksi diri, tidak saling menyalahkan, istiqomah, penuh keyakinan serta optimis dapat mewujudkan apa yang dicita-citakan bersama,” lanjutnya.

Berikutnya, imbuh Ahmad, perwakilan dari 14 poktan menyampaikan perencanaan jangka menengah (PJM) yang telah dirembugkan di masing-masing kampung. PJM yang disampaikan poktan ini mengacu pada hasil dari riungan ke-9, antara lain berkaitan dengan pertanian padi, peternakan, perikanan, perkebunan, lingkungan, masalah sampah, pasar dan industri rumah tangga.

Dalam riungan tersebut, beberapa hal yang disoroti adalah jumlah kehadiran peserta, jumlah peserta dari setiap kampung dan tingkat kehadiran. Dari jumlah peserta, Kampung Sukasirna muncul dengan peserta terbanyak yaitu 23 orang, dan Riungan ke-9 dihadiri peserta terbanyak dengan 43 orang. Untuk tingkat kehadiran, terdapat 7 peserta yang hadir sebanyak 9 kali riungan dan hanya ada dua orang yang lengkap hadir di 10 kali riungan.  

Atas perjuangan para peserta, diberikan hadiah berupa dana masing-masing 100.000 dan sebagian mendapat hadiah tambahan sebuah buku. Di luar dugaan, kepala desa memberikan hadiah dana tambahan sejumlah 50 ribu. Hadiah buku juga diberikan kepada peserta riungan yang rajin mengabadikan kegiatan dengan jepretan kamera ponselnya. 

Sementara berdasarkan kesigapan, kegiatan, kreativitas dan gerakan di wilayahnya, terpilih poktan Harapan Bakti RW 3 kampung Gosali. Poktan tersebut dihadiahi dana pembinaan sejumlah Rp. 300.000,-.

Selepas acara penyerahan hadiah, riungan dilanjutkan dengan pemilihan nama dan ketua lumbung desa. Terpilih nama AMANAH dengan suara terbanyak. Sementara untuk ketua lumbung desa terpilihlah Moh. Ridwan dari poktan Anwar Hidayah RW 2 kampung Cipeujeuh dengan 12 suara.  

Sebelum acara ditutup, dilakukan penyerahan spanduk untuk papan nama kepada 14 poktan. Diserahterimakan juga bantuan beberapa benih untuk praktek pertanian dan bantuan al-Qur'an yang akan disalurkan oleh poktan di masing-masing kampungnya. []

(Maharevin/SF-Newsroom)

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.