lumbung desa, ciwangi, pemberdayaan, pekarangan

Berdaya dengan Menghias Pekarangan di LD Ciwangi

Pemberdayaan masyarakat, itulah aktivitas yang tak henti dilakukan di Lumbung Desa. Seperti kegiatan di Lumbung Desa Ciwangi beberapa waktu lalu. Masyarakat diajak untuk meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah. Lahan diisi dengan berbagai macam sayuran seperti sawi, pakcoy, berbagai bawang, tomat, terong unggu, dan masih banyak lainnya.

Melalui kegiatan ini pula, masyarakat Ciwangi dilatih kekompakannya, sebab dalam pembuatan pekarangan ini, mereka bergotong royong dan bekerjasama dalam mengolah lahan.

“Kegiatan ini diawali dengan proses pembuatan pupuk, yaitu dengan mencampur kotoran hewan seperti ayam dan domba. Lalu tanaman pekarangan disimpan atau ditanam di halaman rumah masing-masing warga. Ini menggunakan polybag sebagai tempat penanaman sayuran yang disimpan diatas susunan bambu (paratag),” kata pendamping LD Ciwangi, Rahmi.

Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal. Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan dengan memproduksi kebutuhan pangan oleh keluarga dan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi warga di Lumbung Desa Ciwangi.

Ayo wujudkan masyarakat yang lebih berdaya dengan berkontribusi di program Lumbung Desa!

Klik di sini

Atau transfer ke:

Mandiri Syariah 700.098.2158
a.n Sinergi Foundation

Info dan konfirmasi:
0812 2066 7263

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.