lumbung desa, ciwangi, garut, dhuafa

Bana, dan Segurat Ketangguhannya Jalani Hidup

Bana adalah salah satu anggota kelompok tani Saluyu kampung Baduyut (Cianten) desa Ciwangi Limbangan Garut. Lama dia hidup berdua saja dengan sang istri, sedangkan anak-anaknya sudah berumah tangga dan meninggalkan mereka.

Yang menarik dari kehidupan Bana, dia adalah salah satu petani penggarap yang sudah mulai renta, padahal semakin usia seseorang bertambah tua, maka semakin tidak produktif hidupnya. Terlebih Bana hanya mengandalkan pendapatan untuk makan sehari-hari dari hasil garapan yang hanya dia peroleh 3 bulan sekali. Jika dinominalkan, rata-rata ia hanya mendapat sekitar 1 juta saja per musim.

Satu hal lagi yang mengkhawatirkan dari hidupnya walaupun dia tinggal dengan sang istri dan terkesan tidak punya tanggungan, anak-anaknya yang sudah menikah belum mampu hidup mandiri karena kondisi ekonomi yang semakin keras di era sekarang. Tidak jarang, untuk sekedar beras, dia selalu mengirimkan kepada anak-anak. Kendati Bani sendiri masih kesulitan membiayai diri sendiri. Sering, ia hanya makan nasi dengan satu lauk. Kadang tempe, ikan asin, atau tahu. Tak berubah bertahun-tahun.

“Yang penting anak-anak sehat dan bahagia,”  begitu tuturnya.

Kami mengunjungi Bana yang kebetulan sedang beraktivitas di luar rumah. Terlihat sosok yang sederhana dengan baju lusuh yang dipakainya, terlebih dia selalu menggunakan topi dukuy hitam yang selalu menjadi ciri khasnya. Ia mengobrol dengan gaya sederhana dan spontan, namun tetap nampak ketulusan dari kata-kata yang Bani ucapkan.

Ia sendiri tak mengharap apapun dari kami selaku pendamping Lumbung Desa Ciwangi. Namun dia berharap, dengan bergabung dengan kelompok tani Saluyu binaan Lumbung Desa Sinergi Foundation, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Bana adalah salah satu anggota kelompok yang membuat semangat kami berkobar di lapangan. Dengan orang-orang sepertinya, membuat kami makin bersemangat untuk mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu. Insya Allah!

Ditulis oleh Rahmi Indriyani dan Gagan Setiawan, pendamping LD Ciwangi

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.