Bahas Deteksi Kanker Serviks, RBC Gelar Dialog Interaktif via Radio

SF-UPDATE,– Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) mengisi dialog interaktif kesehatan bertema “Deteksi Kanker Serviks” di Radio Kandaga AM 810 KHz, Jumat (03/03/2017). Acara yang dihelat rutin itu diisi salah seorang bidan RBC, Risya, dan Manager Pengembangan RBC, Budimansyah.

“Seperti yang diketahui, Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit yang ditakuti, terutama kaum wanita,” kata Risya. Padahal, ia melanjutkan, penyakit ini bisa diobati dengan lebih efektif dan prognosanya akan lebih baik jika diketahui sedini mungkin.

Risya menerangkan, Kanker Serviks memiliki gejala perdarahan setelah berhubungan seksual, perdarahan di luar siklus menstruasi, atau setelah menopause. Penyakit ini baru dapat dideteksi dini melalui pemeriksaan papsmear secara rutin setiap 3 tahun sekali, untuk mengetahui adanya sel kanker dalam mulut rahim.

Selain itu, kanker serviks bisa pula dideteksi melalui IVA test yang dilakukan di puskesmas terdekat. ”Dengan edukasi terkait Kanker Serviks ini, semoga semakin banyak wanita yang lebih waspada dengan penyakit ini,” ujar Bidan Risya.

Selain membahas deteksi Kanker Serviks, terdapat pembahasan tentang program RBC yang dijelaskan Budimansyah. Penjelasan tersebut ditujukan sebagai upaya RBC melebarkan sayap sosialisasi ke masyarakat yang lebih luas. [agh/newsroomSF]

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?