Bagaimana Menghitung Zakat Investasi?

Assalamu'alaikum,

Saya ingin bertanya, apakah yang dimaksud dengan investasi keuangan? Apakah yang seperti ini wajib dizakati? Bagaimana penghitungannya?

Jawaban:

Waalaikumsalam wa rahmatullah wa barakatuh,

Yang dimaksud dengan investasi keuangan adalah sejumlah uang/harta yang diberikan kepada pihak lain untuk diinvestasikan sesuai dengan sistem mudharabah (bagi hasil/profit and loss sharing), musyarakah (kerjasama) atau yang semisalnya. Penghitungan zakatnya sebagai berikut:

Investasi keuangan mencakup saham, obligasi, cek, sertifikat investasi, dan lainnya. Investasi-investasi keuangan tersebut dikumpulkan pada muzakki pada akhir haul dan dihargai berdasar hal tersebut:

  1. Saham biasa: berdasar harga pasar di pasar modal
  2. Saham istimewa: berdasar harga pasar di pasar modal
  3. Obligasi: berdasar harga tertulis
  4. Cek investasi: berdasar harga pasar di pasar modal
  5. Sertifikat investasi: berdasar harga tertulis
  6. Tabungan: berdasar harga terdaftar/tertulis
  7. Investasi-investasi tersebut ditambah labanya yang halal jika ada, sedang bunga dan penghasilan kotor lainnya tidak masuk di dalam tempat zakat tetapi disisihkan dan dibelanjakan pada hal-hal  kebaikan.

Surat berharga yang dimiliki untuk tujuan meraih laba darinya, yang tunduk kepada zakat adalah laba bersihnya saja, karena surat berharga tersebut disamakan dengan barang yang dimiliki dengan tujuan untuk meraih pendapatan dari barang tersebut. Dari harta investasi tersebut dikurangi hal-hal berikut:

  1. Tanggungan jangka pendek
  2. Nafkah kebutuhan pokok dan riil
  3. Pembayaran untuk pembelian

Dengan demikian hasil bersihlah yang merupakan tempat zakat dan dibandingkan dengan nisab. Jika tempat zakat tersebut mencapai nisab, yaitu senilai 85 gram emas atau 21 karat maka zakat dihitung 2,5% (berdasar tahun hijriyah) atau 2,575% (berdasar tahun Masehi) []

source: Fiqh Zakat Kontemporer

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Ada yang bisa Kami bantu?