Baban Sarbana: Lumdes, Ikhtiar Pelanjut Bangsa Penuhi Janji Kemerdekaan

SF-UPDATE,– usai menjadi salah satu pemateri di acara Seminar Lumbung Desa, founder Kampung Zimba Baban Sarbana turut memberikan sepenggal testimoni terkait program yang digagas Sinergi Foundation ini. Menurutnya, Lumdes ini serupa ikhtiar pelanjut bangsa, penuhi janji kemerdekaan.

“Gerakan Lumbung Desa ini salah satu inovasi memberikan kontribusi untuk Indonesia dari desa,” kata Baban di Bandung, Ahad (29/08/2016).

“Ide ini sebetulnya mengembalikan kita memenuhi janji-janji kemerdekaan waktu proklamasi dulu,” lanjutnya.

Janji yang dimaksud Baban ini ialah mencerdaskan hidup bangsa, menyejahterakan masyarakat. “Itukan sebetulnya statement founding fathers yang bukan sekadar kalimat, tapi mengandung janji,” kata Baban.

“Dan gerakan ini (lumdes) adalah salah satu upaya untuk melunasi janji itu,” lanjutnya.

Baban melihat bahwa gerakan Lumdes ini memang merupakan program yang dihasilkan dari ketulusan, ingin Indonesia sejahtera. Dan pastinya, imbuh Baban, yang bakal menyambutnya hanyalah orang-orang yang punya ketulusan yang sama.

Dikatakan salah satu, karena untuk membangun bangsa tidak hanya ditopang dari sisi desanya saja. “Jadi ini salah satu upaya (kanal) dari segelintir masyarakat untuk memberikan kontribusi untuk desa. Yang nantinya satu kanal dengan kanal yang lain bisa saling bersinergis,” pungkasnya. []

 

Reporter : Kevin

Editor : Mahar

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.