72 Tahun Merdeka, Eksploitasi Alam Kian Menggila

SF-UPDATES,– Tahukah Anda?

Di usia 72 tahun, masih banyak PR yang harus dikerjakan bangsa Indonesia.

Salah satunya, soal eksploitasi alam di hutan-hutannya.

Dilansir dari Mongabay,  sepanjang 2012-2016, tutupan hutan Jambi hilang sekitar 189.125 hektar atau setara delapan kali lapangan bola per jam. Dampaknya, Jambi kebanjiran. Hampir setiap tahun, Jambi mengalami persoalan air sungai meluap saat hujan meningkat.

WWF Indonesia menemukan deforestasi yang menjarah hutan alami gambut. Kawasan ini berkurang hingga dua pertiga dari luas 554.000 hektar lebih, pada 2016 luas tinggal 24,%, dan seluruh kawasan ada di Jambi.
Dalam kurun waktu satu setengah dekade terakhir, luas hutan Sumatera hilang hampir dua juta hektar. Tahun 2016, luas hutan Sumatera tinggal 13,4 juta hektar, menyusut sekitar 29% pulau Sumatera. Hal ini belum ditambah data dari hutan-hutan lain di seluruh penjuru Indonesia.

Lalu bagaimana solusinya?

Mari bergabung dalam program Green Kurban, sebuah inovasi di mana di setiap satu hewan yang dikurbankan, turut ditanam 1 pohon. Dalam kurun waktu 2013-2017, Green Kurban menanam sejumlah 19.501 bibit pohon. Tak hanya menyentuh pemberdayaan masyarakat yang menanamnya, tapi menyentuh konservasi lahan kritis.

Selengkapnya klik:
www.greenkurban.com

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.