12 Tahun Milad RBC, Sinergi Foundation Gelar Tausiyah dan Talkshow Parenting

SF-UPDATE,– Dalam rangka merayakan milad Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC) ke-12, Sinergi Foundation menggelar Tausiyah dan Talkshow Parenting. Hadir dalam kegiatan itu Ketua Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati, Pakar Parenting Rani Razak, dan Ketua MUI Bandung KH. Miftah Faridl.

Pada kesempatan itu, Alma mengajak segenap umat untuk bersama-sama membangun keluarga yang berdaya saing. “Sudahkah kita berpikir untuk membangun atau mewariskan sebuah generasi yang kuat dan berdaya saing?” tanya Alma membuka Talkshow di Masjid Trans Studio Mall, Selasa (25/10/2016).

Menurut Alma, keluarga yang berdaya saing itu dibangun atas dasar visi dan perencanaan sebelum berkeluarga, dan penguatannya ketika menjalani rumah tangga. Karenanya, Pemprov Jabar berkomitmen meningkatkan akses dan kualitas pelayanan.

Usai Alma, acara dilanjutkan oleh Ketua MUI Bandung KH Miftah Faridl. Pada kesempatan itu, ia memberikan tausiyah seputar membangun rumah tangga yang sakinah. Senada dengan apa yang disampaikan Alma, Ketua Dewan Pembina Sinergi Foundation ini juga menganjurkan untuk setiap keluarga mendidik anak-anaknya menjadi generasi yang kuat dan qurota a’yun.

Ia menuturkan, ayat-ayat yang menjelaskan tiga kondisi keluarga yang berpotensi kondusif melahirkan generasi berkualitas. Pertama, tertera dalam QS Ar Rum: 21, di mana di dalamnya disebut anjuran menciptakan keluarga yang tentram (sakinah), rasa kasih (mawaddah), dan saling menyayangi (warahmah).

Disebut juga dalam QS Al Furqan:74. Selain orang tua harus menjadi teladan dan mengawal pendidikan, tapi harus juga menopang dengan doa agar anak tersebut berhasil. “Ayat tersebut bisa dijadikan panduan doa, ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai qurrata a’yun (penyenang hati), Dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa,” terang Kyai Miftah.

Acara kemudian ditutup dengan talkshow dari pakar parenting Rani Razak. Membahas seputar mendidik anak, bunda Rani sapaan karibnya lebih mengeksplore pengetahuan jamaah dari kasus ke kasus.

“Tidak ada ibu yang tidak menginginkan anaknya tidak memiliki nilai-nilai kesopanan dan hal-hal yang baik lainnya. Karenanya, peranan seorang ibu dalam memahami karakteristik anaknya sangatlah penting,” tandas Bunda Rani di hadapan ratusan jamaah.

Dalam kegiatan milad tersebut, ada penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Indotama terkait aplikasi Cek Tagihan. Selain itu, RBC juga membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis, seperti cek tensi darah, asam urat, kolesterol, dan sebagainya. []

 

Penulis: Maharevin

Tim Liputan: Aghniya, Nurull

Berbagi & Bersinergi untuk Manfaat Tiada Henti

Masukan Email Anda

untuk mendapatkan informasi berkala.

×
Assalamualaikum! Silahkan Tinggalkan Pesan anda di sini dan kami akan segera merespon pesan anda segera.